Kampus Pariwisata Terbaik Di Indonesia Pada 2024

Dari SMA hingga Universitas, berikut beberapa universitas yang menawarkan program pariwisata terbaik di Indonesia. Unipma Sektor pariwisata merupakan penyumbang besar pendapatan pemerintah Indonesia. Hal ini tidak mengherankan mengingat Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar di wilayahnya. Untuk mengembangkan sektor ini diperlukan lembaga pendidikan yang mampu mencetak tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa universitas pariwisata terbaik di Indonesia.

Daftar Universitas Pariwisata Terbaik Di Indonesia

Inilah beberapa contoh universitas dan institut terbaik di Indonesia, mari simak dan lihat penjelasannya : 

Universitas Udayana  

Meskipun Universitas Udinese merupakan universitas negeri yang menawarkan program studi di berbagai bidang ilmu, akan tetapi universitas ini memiliki fakultas pariwisata dan memiliki fokus khusus pada bagian pariwisata. Jangan takut, Universitas Udayana memiliki empat jurusan pariwisata dengan tingkat pendidikan berbeda. Program studi yang tersedia adalah

  • Program Studi Pariwisata (D4)
  • Program Studi Destinasi Pariwisata (S1) 
  • Program Studi Pariwisata (S2) 
  • Program Studi Pariwisata (S3) 

Politeknik Negeri Bali

Selain Universitas Udayana, ada beberapa universitas di Bali yang menawarkan gelar pariwisata. Salah satunya Politeknik Bali yang memiliki kurikulum manajemen bisnis pariwisata. Program studi ini merupakan program studi profesi atau diploma 4.

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga merupakan kampus wisata besar yang berstatus universitas negeri yang berlokasi di kota Surabaya. Ada juga spesialis tingkat tinggi yang mempelajari pariwisata. Yayasan Fakultas Profesi Jurusan Pariwisata Universitas Airlangga mempunyai nama lengkap Program Studi D3 Pariwisata. Kurikulum ini mengembangkan program profesional untuk mengembangkan keterampilan teknis dan kewirausahaan siswa di bidang pariwisata.

Politeknik Pariwisata NHI Bandung

Politeknik Pariwisata NHI Bandung mempunyai akreditasi B resmi dari BAN PT. Salah satu kamp wisata utama yang ditawarkan. Sekolah ini dulunya bernama Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau sering disebut NHI Bandung. Politeknik Pariwisata NGV Bandong telah berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan. . Ada pendidikan pariwisata yang mencakup kurikulum Manajemen Destinasi. Dalam kurikulum ini jenjang pembelajaran D4 setara dengan S1. Bedanya, beban praktikum di D4 jauh lebih besar dibandingkan S1.

Institut Pariwisata Trisakti 

Institut Pariwisata Trisakti (IPT) adalah lembaga pendidikan tinggi yang berlokasi di daerah ibu kota Jakarta. Dengan berdirinya program Sarjana Sains Perhotelan dan Pariwisata pada tahun 2018, STP Trisakti mendapatkan status akreditasi BAN-PT. Mata kuliah dalam kurikulum ini terdiri dari 103 SKS mata kuliah teori dan 44 SKS mata kuliah praktik, sehingga total beban akademiknya adalah 147 SKS.

Universitas Brawijaya 

Jurusan Pariwisata Universitas Brawijaya berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Administrasi. Didirikan pada tahun 2011, lulusan program Sarjana Pariwisata diharapkan mampu bersaing di industri pariwisata dan berkontribusi terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat.

 

Itulah beberapa contoh Kampus Swasta Terbaik Di Indonesia dan penjelasan kampusnya, semoga membantu kalian yang masih bingung ingin melanjutkan ke sekolah tinggi yang mana, terimakasih.